Cara Membuat Gulali Gula Pasir Manis dan Gurih

Permen gulali adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak kecil lebih menyukai membeli gulali yang dijual oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri memiliki beraneka macam jenis. Jenis yang paling disukai dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Jenis selanjutnya adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali ini lebih terlihat berwarna karena para penjual gulali ini biasanya mencampurkan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga para anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup sehingga menghasilkan siulan layaknya peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali ini sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mi atau seperti benang sutra.

banyak orang menyebut gulali jenis ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat menggunakan sebuah alat khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih dikenal dengan sebutan arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa
Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Konon ceritanya, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang ada saat ini.

Gulali ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula merah ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya lebih menarik jika dibentuk.

Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi berbentuk binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali jenis ini.

Bahkan, gulali gula pasir ini kadang bisa kita tiup sehingga dapat menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.

Baca juga  Menilik Potensi Usaha Franchise Minuman Teh Air Mata Kucing
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali jenis ini dibuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan dasar gulali ini sedemikian rupa sampai berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra.

Banyak orang menyebut gulali ini dengan istilah gulali rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan seperti rambut dari nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Tiongkok sering menyebut gulali ini dengan istilah jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat menggunakan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan arum manis.

Resep Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa
Bahan

· 500 gram gula jawa yang dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah yang telah dipotong kecil-kecil
· Tusuk sate

Cara Membuat

1. Masukkan gula merah atau gula jawa dan air ke dalam wajan lalu aduk-aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu taruh wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik kemudian masukkan ke dalam toples tertutup.

Resep Permen Gulali Gula Pasir
Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-gulali/

Bahan dan resep untuk Membuat Gulali



Gulali sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Jenis gulali yang kedua adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali ini lebih terlihat berwarna karena para pedagang biasanya mencampurkan pewarna makanan untuk membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan bunyi seperti peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat dengan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali ini sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mi atau seperti benang sutra.

Kebanyakan orang menamakan gulali ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan berbentuk seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih dikenal dengan sebutan arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam gulali yang disebutkan di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula merah atau gula jawa. Konon, gulali ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang sering kita temui saat ini.

Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa memberikan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik jika dibentuk.

Gulali jenis ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Bahkan, gulali jenis ini kadang bisa kita tiup untuk menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali ini dibuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa sampai berbentuk seperti mie atau benang sutra.

Baca juga  Cara Jitu dan Praktis Membuat Tepung Custard
Banyak orang menyebut gulali jenis ini dengan sebutan gulali rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut dari nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon, orang-orang Cina sering menyebut gulali ini dengan sebutan jenggot seekor naga.
Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan nama gulali arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

– 1/2 kilogram gula jawa yang telah dihaluskan
– 125 ml air atau secukupnya
– Kacang tanah yang telah dipotong kecil-kecil
– Tusukan sate
Cara Membuat
1. Masukkan gula merah atau gula jawa dan air ke dalam wajan kemudian aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan tersebut di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, sila celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tadi dengan plastik kemudian masukkan ke dalam toples.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

– 1 kg gula pasir
– 1 sdm asam citrun
– 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
– 1 sdm asam citrun
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas ukuran

Sumber : https://ramesia.com/bahan-gulali/

No comments:

Post a Comment

Mari Memulai Bisnis Es Batu Kristal

Hampir tidak ada yang tidak kenal dengan es batu. Membuat minuman dingin dengan es batu adalah salah satu cara paling gampang untuk. Sehingg...