Rincian Modal Usaha Es Buah

Es buah adalah minuman yang terbuat dari irisan buah-buahan contohnya rumput laut, agar-agar dan kolang-kaling yang ditambahkan susu kental manis, air gula, sirup, dan es serut. Minuman ini pas untuk dikonsumsi pada siang hari ketika cuaca sedang panas.

a. Produk.

Aneka buah yang sering diolah untuk membuat es buah ialah mangga, strawberi, alpukat, blewah, nangka, melon dan buah kelapa muda. Bahan pelengkapnya dapat menggunakan kolang-kaling, rumput laut dan agar-agar. Gunakan aneka buah dan bahan tambahan yang terbaik dan masih segar.

Bahan-bahan es buah banyak tersedia di pasar-pasar tradisional atau di supermarket. Bahan buah juga bisa diperoleh langsung dari pemasok buah. Selain harga lebih murah dan kualitas lebih baik.

b. Lokasi

Dalam memilih lokasi usahakan cari lokasi yang ramai, misalnya di tepi jalan raya, dekat dengan daerah perumahan, kantor-kantor, sekolah atau universitas. Pastikan lokasi untuk berjualan berada di lokasi yang mudah terlihat dan sering dilewati banyak orang.
Bisnis es buah bisa dilakukan sendiri. Tapi, apabila jumlah pembeli meningkat, pemilik bisa mempekerjakan 1-2 orang.

Tips Keberhasilan Usaha
1. Buat Data Cash Flow

Catatan keuangan dapat berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah modal yang digunakan, biaya operasional sehari-hari yang dikeluarkan, dan laba yang didapat. Selain itu, pembukuan keuangan juga bisa digunakan Untuk pengajuan peminjaman modal, catatan keuangan juga dapat menentukan disetujui atau tidaknya permohonan tersebut. Data tersebut bisa digunakan sebagai jaminan.

2. Menentukan Harga Jual.

Pastikan harga jual bersaing dengan pedagang es buah yang lainnya. Hampir semua bisnis ini mempunyai banyak competitor. Oleh sebab itu harga merupakan salah satu bagian terpenting untuk bisa mengalahkan kompetitor.

3. Pengelolaan Pekerja Dengan Baik

Sesuai jumlah pekerja dengan kebutuhan usaha yang Anda jalankan, karena jika kebanyakan karyawan menjadikan tidak efisien. Tambahlah jumlah pekerja ketika usaha Anda sudah berkembang.
Gaji pekerja alangkah baiknya dicocokan dengan perkembangan usaha. Kenaikan gaji dan pemberian bonus disesuaikan dengan peningkatan omzet.

4. Sisihkan Keuntungan Untuk Meningkatkan Usaha

Baca juga  Berikut Analisa Bisnis Abon Belut
Keuntungan yang diperoleh harus disisihkan, antara lain untuk mempersiapkan pengganti peralatan usaha yang telah rusak atau yang telah berkurang fungsinya dan untuk pengembangan bisnis.

5. Membuat Rasa yang Unik.

Pada umumnya tempat usaha dikenal karena mempunyai menu atau rasanya yang unik ketimbang yang lain.

6. Berikan Service yang Professional.

Meski hanya bisnis sederhana, layanan harus tetap maksimal. Mendahulukan pelanggan yang datang duluan, dan selalu bersikap ramah kepada pembeli merupakan salah satu contoh layanan yang profesional serta memuaskan konsumen.

7. Buka Cabang Usaha

Membuat cabang memberikan beberapa kelebihan. Antara lain produk yang dijual dan merek bisnis menjadi lebih familiar di masyarakat. Membuat cabang tidak harus memakai modal pribadi. Bisa menggunakan sistem bagi hasil memakai modal tambahan dari orang lain atau menggunakan sistem waralaba merupakan jalan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

8. Memperhatikan Kebersihan dan Kerapihan.

Memperhatikan kebersihan merupakan bagian yang cukup penting bagi usaha Anda. Kebersihan yaitu meliputi kebersihan perlengkapan, tempat dan minuman.

9. Kerja Keras, Cerdas, dan Kreatif.

Tidak ada jalan lain untuk dapat merealisasikan mimpi untuk dapat memiliki usaha yang besar, selain mengawalinya untuk bekerja keras dan kerja cerdas untuk bisa menjadikanya lebih maju.
Kreativitas harus terus digali untuk menciptakan sesuatu yang baru pada bisnis yang dijalankan. Seluruh aspek usaha di mulai dari produk, pelayanan, harga, sampai strategi penanganan pekerja terus digali sampai memperoleh yang paling baik.

FAKTOR KRITIS PADA KESUKSESAN BISNIS
1. Buah Tidak Mampu Bertahan Lama.

Sebagian besar buah hanya tahan beberapa hari sebelum membususuk. Faktor ini menjadi kendala dalam melakukan bisnis es buah. Terkadang buah terlanjur membusuk sebelum habis terjual. Karena itu, penjual es buah harus bisa memperkirakan jumlah buah-buahan yang akan dibeli serta tingkat kematangannya.

2. Musim Hujan

Faktor musim juga berdampak kepada ketersediaan beberapa jenis buah, disamping itu ketika musim hujan, bisnis ini mungkin akan mengalami berkurangnya penjualan.

TEKNIS MELAKUKAN BISNIS
a. Perlengkapan Bisnis

1. Waktu pakai etalase 4 tahun.

Baca juga  Peluang Franchise Minuman Korea
2. Jangka waktu pemakaian meja dan kursi, serutan es, dan ice box kurang lebih 3 tahun.

3. Masa pemakaian Perlengkapan lain-lain emisal sendok, gelas, mangkuk, pisau, dan toples sekitar 2 tahun.

b. Promosi.

Iklan usaha es buah antara lain dengan mengatur dan menyusun buah yang memenuhi etalase sehingga akan menarik orang-orang yang lewat di sekitar lokasi bisnis untuk membeli. Wadah yang berisi rumput laut, kolang-kaling dan agar-agar juga disusun dengan rapi dan ditaruh di bagian etalase yang gampang terlihat.

Sumber : https://ramesia.com/rincian-modal-usaha-es-buah/

Peluang Usaha Makanan Beku, Bisnis Mudah Dengan Modal yang Murah


 Peluang bisnis makanan beku pada saat ini mungkin memang dapat dianggap sebagai suatu ide peluang bisnis yang berpotensi besar dan profitable.

Pasalnya dewasa ini banyaknya aneka produk makanan beku sendiri memang mulai banyak dibutuhkan dan disukai oleh banyak kalangan sebab sifatnya yang instan.

Padatnya tingkat kesibukan dari beberapa golongan masyarakat terhadap kegiatan yang sering mereka kerjakan di sehari-hari memang membuat mereka dibatasi dalam melakasanakan kesibukan lainnya.

Maka dari inilah kita tak heran jika hingga saat ini mereka pun akan berusaha menemukan sesuatu yang instan mulai dari layanan jasa sampai produk makanan yang akan mereka nikmati sehari-hari.

Dengan begitu maka mereka pun tak usah repot memasak hingga mengerjakan aktivitas yang lain karena banyaknya aktivitas utama masyarakat.

sehingga tak heran apabila sekarang ini menjadi sangat banyak orang yang membutuhkan dan akan mencari semua hal yang instan.

Khususnya di sektor makanan, sebab seperti yang sudah kita tahu bersama bahwa untuk bisa memakan makanan, maka mereka pun harus dapat memasaknya terlebih dulu, dan untuk mereka yang mempunyai aktivitas harian yang dapat dikatakan padat maka pasti mereka pun tak akan memiliki waktu luang untuk melakukan hal tersebut.

Peluang Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Tentu Saya dan Anda juga sudah mengetahuinya bersama bahwa jika sudah berkaitan dalam bidang makanan maka tiap individual pun akan selalu memerlukannya tanpa terkecuali.

Karena itu memang jalan alternatif yang dapat dikerjakan untuk tidak repot memasak hanyalah dengan beli matang, atau terdapat juga opsi yang lain yaitu frozen food yang cukup dihangatkan saja untuk dapat dinikmati.

Maka dari fakta tersebut sebenarnya makanan beku sendiri bisa menjadi suatu peluang usaha yang prospektif.

Sehingga tak heran jika ide peluang bisnis makanan beku disebut menjadi suatu peluang bisnis yang sesuai untuk dijalankan di area perkotaan.

Jika ingin membuat produk makanan beku maka sebetulnya pada saat ini telah ada lumayan banyak dan bahkan banyak sekali ragam dari frozen food.

Baca juga  Peluang Bisnis Makanan Ringan di Mall Masih Sangat Menggiurkan
Mungkin kita bersama juga sudah familiar jika menemukan produk frozen food seperti nugget, kentang, sosis, baso, sampai produk aneka daging lainnya yang memang sudah banyak terdapat di pasaran.

Dan jika tahu potensi penjualan dari produk makanan beku jenis itu mungkin memang dapat diramalkan akan memiliki tingkat pesaing yang kompetitif pada sekarang ini.

Maka dari kondisi tersebut apabila Anda berminat dalam bidang frozen food tersebut hendaknya memilih varian produk kuliner lainnya yang jumlahnya masih sedikit terdapat di minimarket, sehingga akan terlihat unik saat di nilai oleh target pasar kita.

Ciptakan Bisnis Makanan Beku Yang “Berbeda”

Tahukah Anda bahwa saat ini yang dijadikan produk frozen food tak hanya makanan untuk lauk pauk saja.

Akan tetapi, aneka kue pun sekarang ini telah tersedia dalam bentuk frozen food, dan hal itu pasti akan membuat peluang bisnis yang berbeda sebab masih banyak orang belum melihat peluang ini.

Beberapa contohnya seperti donat, roti boy, risoles, onde-onde, bahkan hingga aneka makanan pasar, yaitu kue cucur pun sekarang ini telah ada dalam bentuk frozen food.

Tentunya sangat banyak juga jenis atau aneka jajanan lainnya yang mungkin memang akan cenderung menjadi produk kuliner sebagai camilan.

Akan tetapi memang untuk dapat membangun di bidang bisnis frozen food investasi modal awal yang diperlukan cukup banyak.

Walaupun produk frozen food tersebut dapat terjangkau harga jualnya, tetapi alat operasional yang diperlukan untuk menyimpan aneka makanan beku tersebut lumayan mahal sebab harus memiliki lemari pendingin.

Jika Anda ingin menanyakan lebih lanjut tentang peluang usaha ini silahkan kontak kami di nomor yang ada di website, team kami akan senang hati membantu dan memberikan solusi.

No comments:

Post a Comment

Mari Memulai Bisnis Es Batu Kristal

Hampir tidak ada yang tidak kenal dengan es batu. Membuat minuman dingin dengan es batu adalah salah satu cara paling gampang untuk. Sehingg...