Mengintip Potensi Peluang Usaha Jualan Snack

Kebanyakan orang menganggap remeh peluang usaha jualan snack dan menganggapnya sebagai peluang usaha di bidang makanan yang mempunyai profit terlalu sedikit dan tidak menjanjikan. Pendapat semacam itu salah besar, sebab peluang usaha jualan snack merupakan peluang bisnis rumahan yang amat berpotensi apabila dijalankan dengan baik dan tepat.

Peluang peluang usaha jualan snack merupakan peluang usaha yang potensial sebab bisnis di bidang ini amat bagus dan minat masyarakat akan snack sangat besar sehingga banyak pengusaha yang menggeluti bisnis ini.

Snack merupakan teman bersantai dan suguhan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah Anda, karena snack ini mempunyai sifat tidak mudah mengenyangkan perut sehingga amat pas untuk camilan saat bersantai bersama keluarga, sahabat, atau bahkan sendiripun juga nikmat rasanya.

Snack ini banyak sekali jenis dan rasanya. Tinggal memilih saja apa yang Anda senangi. Snack kering seperti kripik singkong, kripik pisang, kripik buah-buahan, kripik sayuran, dan lain-lain, biasanya ada yang mempunyai rasa pedas, asin, dan manis. Anda tinggal memilih rasa apa yang Anda suka.

Jenis makanan snack sudah banyak yang populer di kalangan masyarakat Nusantara. Kebanyakan penduduk Nusantara senang memakan snack sebab tidak membuat perut mudah kenyang.

Ditambah lagi harga snack yang amat terjangkau menyebabkan masyarakat semakin menyukainya dan mengkonsumsinya untuk camilan sehari-hari di rumah dan juga sebagai suguhan untuk kerabat yang berkunjung ke rumah.

Apalagi seperti yang Anda tahu snack merupakan makanan favorit anak kecil, sehingga amatlah gampang untuk bisa menjual snack. Kan tahu sendiri, bagaimana reaksi anak-anak bila ingin jajan? Pasti menangis dan ngambek sampai akhirnya dibelikan.

Selain itu, makanan juga termasuk kebutuhan dasar hidup manusia, sehingga menyebabkan bisnis di bidang makanan menjadi usaha yang tidak ada matinya. Sebab usaha makanan akan senantiasa menjanjikan keuntungan yang besar. Snack yang mempunyai rasa unik merupakan salah satu pilihan bisnis makanan yang menjanjikan tersebut. Peluang usaha jualan snack unik dengan modal kecil akan bisa menghasilkan keuntungan yang memuaskan hati.

Baca juga  Cara Mudah Sukses dalam Bisnis Es Roti
Maksud dari peluang usaha jualan snack unik dengan modal kecil adalah Anda membuat snack yang mempunyai cita rasa baru tetapi Anda hanya mengeluarkan modal seminimal mungkin dan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Itulah prinsip ekonomi dari seorang pebisnis sukses.

Karena tujuan utama dari usaha yang Anda jalankan adalah mendapat hasil yang tinggi, maka Anda harus selalu rajin dan ulet untuk mencapai target Anda tersebut. Mempunyai peluang usaha jualan snack harus disertai kreasi, inovasi, dan rasa yang berbeda serta enak di lidah para pelanggan.

Sesungguhnya sangat banyak contoh peluang usaha jualan snack yang dapat Anda jadikan referensi. Namun yang harus diperhatikan terlebih dulu adalah faktor-faktor yang bisa membuat peluang usaha jualan snack Anda dapat berkembang pesat dan mempunyai banyak pembeli. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut ini pembahasannya:

Tempat yang strategis.
Seenak apapun snack yang Anda jual, bila hanya segelintir orang yang mengenalnya maka akan sulit sekali untuk menjualnya. Oleh karena itu faktor lokasi sangat patut Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha ini, apalagi bila Anda masih benar-benar baru dan belum berpengalaman sama sekali.

Sebelum memulai usaha apapun, alangkah baiknya bila Anda melakukan survei tempat lebih dahulu yang kira-kira bisa menjadi lokasi yang pas buat barang dagangan Anda.

Kreatifitas.
Umumnya sudah banyak yang menggeluti peluang usaha jualan snack, jadi bila Anda hanya menjual barang yang sama persis, tanpa melakukan berbagai kreatifitas maka Anda akan sulit bersaing dengan penjual lainnya. Sebab itu ciptakanlah kreatifitas yang menarik seperti menciptakan aneka varian rasa, membuat kemasan-kemasan yang sedang terkenal, menciptakan bentuk yang menarik dan sebagainya.

Tempat jualan yang bagus dan menarik.
Suasana yang bagus dan bersih akan membuat para pelanggan Anda senang berlama-lama dan bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi karena merasa ada tempat nangkring yang bagus.

Karena kebanyakan dari mereka lebih memprioritaskan tempat yang bersih dan bagus untuk membeli sesuatu. Oleh sebab itu, pastikan tempat jualan Anda bersih, bagus dan menarik serta tertata rapi, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda.

Harga lebih murah daripada di tempat lain.
Baca juga  8 Langkah Tepat Memulai Bisnis Es Coklat
Untuk Anda para pebisnis yang baru memulai bisnis ini, janganlah ragu untuk memberikan harga promosi dan lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya, yang terpenting Anda masih mendapatkan keuntungan walaupun sedikit.

Ini trik supaya produk dan tempat jualan Anda lebih diingat dan bisa direkomendasikan oleh pelanggan Anda kepada kawan-kawannya karena harga yang lebih terjangkau dan tempat yang nyaman. Apabila telah berjalan cukup lancar dan mempunyai banyak pelanggan tetap, barulah sedikit demi sedikit Anda mulai menerapkan harga normal, namun tetap menjaga kualitas tentunya.

Pelayanan yang maksimal.
Konsumen adalah raja, itu adalah hukum tetap dalam ilmu ekonomi bila Anda ingin sukses dalam menjalankan suatu bisnis. Pelayanan yang maksimal, akan memberikan citra yang positif pada pelanggan dan merekapun tidak akan ragu untuk kembali lagi jika mereka ingin membeli snack. Jangan sampai meninggalkan citra yang buruk dan tidak baik di mata pelanggan yang bisa membuatnya ragu untuk datang lagi.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-jualan-snack/

Cara Membuat Sari Buah Pinang yang Praktis


Warna pada buah sangat cepat berubah karena pengaruh sinar matahari dan ketika pemotongan, dan akibat pengaruh biologis (jamur) mengakibatkan buah cepat membusuk. Oleh karena itu pengolahan buah untuk memperpanjang masa ketahananya sangat penting.

Buah bisa diolah menjadi berbagai bentuk minuman semisal saribuah, anggur dan makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan selai.

Sari buah adalah cairan yang diperoleh dari penghancuran buah segar yang sudah matang. Pada prinsipnya sari buah ada dua macam, yaitu :

1) Sari buah encer cair yang bisa langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang didapat dari pemersan buah, setelah itu dilanjutkan menggunakan penambahan air dan gula pasir.

2) Sari buah pekat / Sirup, adalah cairan yang diperoleh dari pengepresan buah kemudian diteruskan dengan pemekatan, bisa dengan cara pendidihan biasa ataupun menggunakan cara lain semisal penguapan dan lainya.

Cairan sirup ini tidak langsung dikonsumsi, tetapi harus dicampur dulu dengan air. Buah-buahan yang suka dibuat menjadi sari buah ataupun sirup yaitu : asam, jahe , nangka, markisa, kueni, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala semua jenis jeruk, dan lainya. Sari buah ataupun sirup buah dapat bertahan selama sekitar tiga bulan.

Bahan yang Diperlukan
1) Buah segar : 5 kg

2) Gula pasir kusus bagi sirup 1 ¼ kg : 125 gram

3) Asam sitrat : 3 gr / liter sari buah

4) Natrium benzoat : 1 gram

5) Garam dapur : 20 gr

6) Air secukupnya

ALAT
1) Pisau

2) Panci

3) Alat Parutan kelapa

4) Pengaduk

5) Tungku atau kompor

6) Botol dan tutup yang sudah steril

7) Kain saring atau kain blacu

8) Corong

9) Wadah besar

CARA MEMBUATNYA
1) pakailah buah yang telah tua, segar dan matang kemudian cuci dengan air bersih;

Baca juga  Tips Menekuni Bisnis Makanan Ringan (Snack) Kiloan
2) Irislah buah hingga menjadi kecil-kecil;

3) Parut buah hingga menjadi bubur; * Selanjutnya pisahkan airnya

4) Tambahkan air, gula pasir, natrium benzoat, asam sitrat dan garam dapur. Perbandingan sari buah dengan air yaitu sebagai berikut :

– Buah jeruk (untuk 1 lt sari buah campur dengan 1 ½ liter air)

5). Aduk hingga rata. Berikutnya pengerjaan pengolahan sari buah (6-9) :

6) Saring campuran tersebut menggunakan kain saring;

7) Masukkan hasil saringan ke dalam wadah dan tutup rapat. Endapan hasil penyaringan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain-lain;

8) Masukkan botol yang telah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit;

9) Angkat botol tersebut dan segera dinginkan.

Pilihlah berbagai jenis pinang, kemudian olah masing-masing secara terpisah, kemudian campurkan jusnya untuk membuat cita rasa yang berbeda kemudian lihat perbedaan warna yang dihasilkan dengan buah pinang hijau, merah dan kekuningan.

No comments:

Post a Comment

Mari Memulai Bisnis Es Batu Kristal

Hampir tidak ada yang tidak kenal dengan es batu. Membuat minuman dingin dengan es batu adalah salah satu cara paling gampang untuk. Sehingg...