Membuat Bakso Ayam Tanpa Ribet

Manfaat Daging Ayam Bagi Tubuh
Banyak rumor mengenai bahaya pada daging ayam, seperti; memicu kanker, sumber kolesterol, dan memicu gangguan jantung. Padahal semua itu dipengaruhi dari bagaimana cara kita mengolahnya. Jika diolah dengan tepat, ada beragam manfaat dari daging ayam yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang sangat tinggi baik untuk membentuk eritrosit (sel darah merah) dalam tubuh. Oleh karena itu, daging ayam sangat bagus dikonsumsi bagi wanita yang sedang datang bulan untuk mengurangi risiko kurang darah/anemia.

2. Meningkatkan Imunitas
Di dalam daging ayam pun terkandung banyak mineral yang dapat membantu membentuk sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi, mineral ini akan membuat tubuh kita kebal dan tidak mudah sakit, seperti terkena flu, batuk, demam, dan sebagainya.

cara membuat bakso ayam yang enak

3. Mengandung Banyak Vitamin B Kompleks
Dalam daging ayam ada berbagai vitamin B, diantaranya vitamin B5 dan vitamin B6. Vitamin B5 atau asam pantotenat dapat memberikan efek relaks terhadap sistem syaraf manusia, sehingga Anda dapat terhindar dari stress. Coba Anda konsumsi sup ayam apabila sedang merasa suntuk dan rasakan sendiri khasiatnya.

Di sisi lain, vitamin B6 dapat berguna untuk memacu kinerja sistem metabolisme tubuh. Kandungan mineral yang satu ini berperan aktif dalam mendorong enzim-enzim yang dibutuhkan dalam proses metabolisme.

Pada daging ayam juga terkandung niacin yang merupakan salah satubagian dari vitamin B. Zat ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta dapat mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu, niacin juga dapat membasmi sel kanker dan mencegah kerusakan DNA yang diduga sebagai penyebab kanker.

Namun, hal tersebut juga harus dibarengi dengan cara pengolahannya. Mengolah daging ayam yang baik adalah dengan cara merebus bukan menggoreng. Selain itu, pilihlah daging ayam tanpa lemak.

Baca juga  Tertarik Berbisnis Minuman? Usaha Minuman Blender Mungkin Bisa Menjadi Pilihan Anda
4. Kaya Akan Protein
Protein diperlukan  untuk pembentukan berbagai jaringan dan organ serta membantu menambah massa otot. Daging ayam sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena bagus untuk tumbuh kembang mereka. Bahkan protein sangat penting untuk memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

5. Mengandung Kalsium dan Fosfor
Kedua zat ini sangat penting bagi pertumbuhan, kekuatan, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak, juga dapat mencegah osteoporosis bagi orang dewasa. Selain itu, kandungan ini dapat meningkatkan kesuburan bagi kaum pria karena membantu meningkatkan kualitas hormon testosteron.

Pada daging ayam ada juga zat selenium yang membantu mencegah terjadinya radang sendi atau arthritis bagi yang sudah berusia senja. Daging ayam akan membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-bakso-ayam/

Cara Membuat Aneka Resep Cireng Isi yang Enak dan Lezat


Asal-usul Cireng
Anda yang menyukai kudapan dengan rasa gurih pasti mengenal cireng. Garing di luar dan kenyal di dalam membuat cireng digemari siapa saja, dari anak-anak hingga orang tua. Tapi, tahukah Anda sejarah dan asal-usul cireng?

Cireng mulai dikenal sejak tahun 1980-an. Waktu itu, cireng dijajakan secara keliling dengan menggunakan gerobak. Dengan cepat, makanan ini digemari oleh masyarakat Bandung dan Sunda pada umumnya.

Lalu, kenapa diberi nama cireng? Orang Sunda terkenal dengan kebiasaannya menyingkat nama makanan. Misalnya, comro adalah singkatan dari oncom di jero (di dalam), gehu atau tauge dan tahu, dan sebagainya. Nah, begitu juga dengan cireng, yang merupakan kependekan dari “aci digoreng”, karena makanan ini dibuat dari tepung aci sebagai bahan utamanya.

Aci merupakan tepung pati yang diekstrak dari umbi atau tepung sagu. Orang Sunda menyebutnya dengan sempeu. Dengan tambahan bumbu sederhana dan sedikit air, sempeu kemudian dibentuk bulat lalu digoreng. Ternyata, makanan yang super sederhana ini terasa nikmat di lidah. Apalagi jika dinikmati bersama saus pedas atau sambal kacang.

Resep Cireng Isi Biasa

Sekarang, cireng yang aslinya polos sudah dimodifikasi dengan isian beraneka rasa. Begitu juga dengan sausnya. Bahkan, tersedia juga cireng dalam bentuk frozen, sehingga cireng bisa dikirim atau dibawa ke luar kota sebagi oleh-oleh.

Resep Membuat Cireng Isi
Cireng yang awalnya hanya terbuat dari tepung sagu berbumbu yang digoreng, kini memiliki banyak varian. Ada yang berisi ayam, kornet, sosis bakar, dan sebagainya. Variasi ini membuat cireng terasa lebih nikmat dan bisa memenuhi selera yang berbeda-beda.

Namun, ada yang perlu diperhatikan saat membuat cireng isi. Bahan isian bisa menyebabkan cireng meledak saat digoreng. Agar aman, jangan membuat isian yang terlalu basah. Tumis lebih dahulu sampai air habis dan benar-benar kering. Saat menggoreng, kecilkan api setelah minyak panas dan gunakan api sedang untuk menggoreng.

No comments:

Post a Comment

Mari Memulai Bisnis Es Batu Kristal

Hampir tidak ada yang tidak kenal dengan es batu. Membuat minuman dingin dengan es batu adalah salah satu cara paling gampang untuk. Sehingg...